Wednesday, June 19, 2013

Elegi Pengguna Latex part II

Mengapa banyak orang indonesia yang salah paham dengan Latex?
Beberapa orang beranggapan bahwa Latex itu tidak bisa digunakan untuk membuat dokument yang fleksibel. Padahal latex itu sangat-sangat fleksibel lebih dari yang kita bayangkan sama-sama. Latex itu bisa membuat banyak hal, dan parahnya Latex itu open source. Artinya kita semua bisa membuat template presentasi kita sendiri semudah membalikkan telapak tangan. Latex bisa membuat grafis yang sangat indah.

Intinya butuh waktu. G ada kesuksesan yang instan. Kalo kita pikir-pikir hidup di dunia ini g ada artinya sih sebenarnya. Kita semua bakal mati. Kalo Ada hadits (saya g tau benar salahnya atau palsu tidaknya): bekerja untuk dunia seolah hidup selama-lamanya, bekerja untuk akhirat seolah mati besok, itu tidak menjamin apa-apa mengenai hakikat kebendaan. Benda tetaplah benda, kecuali kita menemukan suatu formula untuk merubah manusia jadi drakula yang tidak terbakar matahari, mungkin. Tapi tetap saja, hidup pasti berakhir.

Maksudnya Latex itu bisa digunakan untuk plot-plot yang keren seperti di sini:
Ada banyak tutorial tentang Latex:
Bagaimana membuat Latex template untuk presentasi yang keren:
dan masih banyak hal lainnya yang saya g perlu jelaskan.

Yang anda perlukan adalah berpegang pada mazhab tertentu. Soal dalil bisa dicari. Bagusan mana coba suatu produk yang didesain orang banyak, dengan produk yang dipikirkan sendiri-sendiri. Jangan baca biografi bill-gates, itu g sepenuhnya benar

No comments: