Monday, August 3, 2015

Filsafat Observasi

Sebagai ilmuan tentunya kita punya preferensi dan orientasi dalam meninjau persoalan. Tapi saya percaya bahwa kebenaran itu tidaklah mutlak. Teori hanyalah hampiran terhadap realita yang sesungguhnya. Dahulu kala, sebelum manusia mendaratkan kakinya di bulan, deskripsi alam semesta digambarkan sebagai tinjauan geosentris, bahkan mungkin lebih jauh dari itu: bumi adalah dataran yang rata di mana-mana, dan matahari terbit di timur dan terbenam di barat, kemudian benda-benda langit lainnya berputar mengelilingi bumi. Dan memang benar bahwa jika kita melihat dengan mata fisis kita akan dijumpai hal seperti itu bahwa matahari terbit di timur dan tenggelam di barat. Manusia kemudian mengajukan kritik terhadap model ini. Mereka mempertanyakan lintasan planet-planet yang tidak beraturan. Waktu itu para ahli astronomi sudah mengetahui bahwa selain bintang-bintang terdapat benda langit lain yang bergantungan di atas yang pergerakannya berbeda dengan bintang-bintang secara umum. Mereka namakan ini sebagai “planet” yang secara literal diterjemahkan sebagai pengembara. Berbeda dengan bintang-bintang lainnya yang relatif tetap di tempat sepanjang tahun, ternyata planet-planet ini memiliki lintasan yang tidak regular. Dan ini yang menjadi masalah di kepala para ilmuan.

Soal asal-usul bagaimana manusia mulai mengajukan pertanyaan mengenai benda-benda langit, khususnya benda-benda yang memiliki peran langsung bagi kehidupan sehari-hari bisa dilihat pada bagaimana para petani saat ini mengatur jadwal menanam padi yang disesuaikan dengan pola musim hujan dan musim kemarau sepanjang tahun. Para petani mengamati pergantian musim tahun demi tahun dan mengamati terdapat sebuah aturan yang mendasari pergantian tersebut. Kemudian para petani mencoba mengambil keuntungan dengan adanya pola keteraturan tersebut yakni dengan mengatur waktu penanaman padi sesuai dengan waktu mulainya pergantian musim misalnya mulai menanam ketika mulai musim kemarau demi menghindari gagal panen ketika tiba musim hujan. 

Hal ini kemudian diperluas ke kasus-kasus yang lain. Bahwa selain pergantian musim hujan dan musim kemarau terdapat pula pergerakan planet-planet yang memiliki jadwal tertentu. Bahwa pergerakan ini dipercaya memiliki dampak bagi nasib umat manusia. Tahun demi tahun manusia mengajukan hasil penelitian, mengajukan berbagai macam hasil observasi (pengamatan) serta model-model yang menjelaskan data-data observasi tersebut. Untuk kasus pergerakan planet tadi memang sejak semula banyak para pemikir yang mencoba mencari tahu keteraturannya. Salah seorang pemikir terkenal yang bernama Apollonius kemudian merumuskan sebuah model yang dikenal sebagai  Epicycle dan Defferent demi menjelaskan pergerakan planet tersebut. Dalam model ini terdapat  sebuah lingkaran besar yang kosentris dengan bumi yang disebut dengan deferrent. Kemudian terdapat lingkaran kecil yang mengorbit melalui lingkaran besar ini yang disebut sebagai epicycle. Planet-planet kemudian dikatakan bergerak pada epicycle tersebut. Teori ini kemudian berhasil menjelaskan pergerakan 5 planet yang diketahui pada saat itu. Namun apa yang dilakukan oleh teori ini hanya sebatas penjelasan secara kinematis. Jika kita mencermati data-data pengamatan planet-planet di angkasa maka akan terdapat 3 variabel utama yang bisa diukur yakni posisi, kecepatan, dan percepatan. Kecepatan dan posisi merupakan variabel kinematis. Sementara percepatan sudah ada sangkut pautnya dengan gaya sehingga disebut variabel dinamika. Percepatan inilah yang sulit dijelaskan dengan konsep geocentris, khususnya dengan menggunakan model epicycle.

Model selanjutnya yang digagas oleh para saintis adalah model heliosentris. Model ini awalnya juga mendapat banyak tantangan. Salah satu hal yang dipertanyakan adalah jika memang model ini benar, maka seharusnya  dijumpai parallax bintang oleh pengamat yang berada di bumi seiring dengan perubahan posisi pengamatan pengamat di bumi. Namun karena tidak adanya parallax bintang yang teramati, maka dapat disimpulkan bahwa bumi stasioner atau tidak mengalami pergerakan. Pada akhirnya di abad ke-18 ilmuan dapat mengukur parallax bintang kendatipun sangat kecil yang konsekwensinya adalah jarak antara bumi dan bintang-bintang tersebut sangatlah jauh. Sehingga ini makin menguatkan konsep heliosentris. Aplikasi dari konsep heliosentris ini kemudian yang digunakan oleh para ilmuan dalam mendaratkan pesawat ruang angkasa di Mars dan di bulan yang sama sekali sulit dilakukan jika menggunakan tinjauan geosentris. 

Konsep heliosentris kemudian disempurnakan oleh Johannes Kepler  dengan mengganti lintasan planet yang semula diasumsikan berbentuk lingkaran menjadi berbentuk elips di mana matahari berada pada salah satu titik fokus dari elips tersebut. Salah satu Hukum Kepler menyatakan bahwa ketika planet bergerak maka luas area yang disapu oleh garis yang menghubungkan antara planet dengan matahari sama besarnya untuk kurun waktu yang sama. Oleh Newton kemudian dilakukan penjelasan bahwa ini disebabkan oleh gaya gravitasi yang diberikan oleh matahari terhadap planet-planet tersebut. Dan pergerakan planet ini merupakan konsekwensi logis dari gaya gravitasi.

No comments: