Tuesday, December 8, 2015

Menelanjangi Novel Rindu Karya Tere Liye Halaman 209-310

Berikut ini merupakan kelanjutan point-point yang agak janggal dalam novel rindu karya Tere Liye:

22. Halaman 215. “… Orang-orang berlalu lalang dengan pakian khas zaman itu. Mestinya Tere Liye mendeskripsikan corak berpakaian khas “zaman itu” itu yang seperti apa? Kalo memang dia ga tau gimana cara berpakaian tahun 1938, ngapain dia buat novel dengan tema tahun 1938.

23. Halaman 219 paragraf kedua dari terakhir. Ga juga ketemu teman lama main bongkar kartu sampai segitunya.

24. Halaman 223, “Daeng Andipati tidak berhasil menemukan guru baru. Bukan karena waktunya terlalu mepet, melainkan ada kejadian kecil tapi serius di dek kapal,…”. Ini nyari guru mengaji di atas kapal tahun 38 kok hampir mirip dengan datangin penceramah kondang di jaman sekarang, sampai pake alasan “waktunya mepet” segala, hehe.

25. Halaman 224. Tahun 1938 itu belum ada sistem pasport ama visa, Anda boleh kemana aja tanpa perlu membawa dokumen imigrasi.

26. Halaman 224 paragraf kedua dari terakhir, Anna mengeluarkan suara puh pelan. Kok mirip ya.. dengan status facebook ABG jaman sekarang, fuuuuhhh… padahal ini tahun 38.

27. Halaman 256. Kalo Anda liat di peta Indonesia, akan nampak bahwa pegunungan Bukit Barisan itu tidak  menyentuh Bandar Lampung (atau Teluk Lampung). Jadi akan tidak mungkin terlihat dari pesisir pantai di seputaran Bandar Lampung adanya pemandangan Bukit Barisan. Lain halnya kalo yang dimaksud oleh  Tere Liye ini Teluk Semangka itu mungkin masih kelihatan Bukit Barisan nya.

28. Halaman 295, Tere Liye menggambarkan proses melahirkan Mbah Putri yang berlangsung secara independent. Ga tau di Sumatera Barat atau di Jawa, yang jelas di mana-mana itu baik jaman dulu maupun sekarang orang melahirkan selalu ada yang bantuin, entah dia dukun, bidan, atau dokter. Saya jadi teringat film tahun 80-an yang dibintangi oleh Barry Prima di mana ada orang melahirkan di samping kali dan anaknya langsung dikasi makan ama buaya, mungkin Tere Liye mendapat inspirasi dari situ. 

29. Kalimat atas nama kemanusiaan halaman 302. Ini tahun 38 bro…

30. Halaman 303. Paragraf ketiga dari terakhir, bicara aja harus pake tenaga?

31. Halaman 304. Paragraf ketiga: “ Bunda Upe diam sebentar. Menyeka hidung dengan ujung baju.” Sepertinya Tere Liye penggemar Iwan Fals, especially lagu Azan Subuh Masih di Telinga. Ya… ga harus pake ujung baju mungkin kalo ngelap ingus, pake lenso kek, sapu tangan kek, handuk kek. Kayak anak kecil aja ingus dilap pake ujung baju. Lagian ngapain cuma cerita seperti itu dibawa nangis? Anda bayangin aja gimana ibu-ibu pas ngegosip, cerita-cerita pengalaman pahit, dan sejenisnya. Ga juga sampe nyeka ingus pake ujung baju.

No comments: