Wednesday, August 19, 2015

Aplikasi 17 Agustus (Aplikasi pemutar musik 3D di javaFX)

Kebetulan kemarin tanggal 17 Agustus yang merupakan hari ulang tahun kemerdekaan Indonesia maka saya mencoba membuat sebuah aplikasi yang ada kaitannya dengan 17 Agustus. Dan kebetulan saya akhir-akhir ini lagi tertarik bermain-main dengan library JavaFX maka saya akhirnya membuat aplikasi ini dengan JavaFX.

Sebenarnya saya bukan fanatikus JavaFX. Aplikasi yang saya buat ini adalah aplikasi pemutar musik. Dan untuk membuat aplikasi pemutar musik, maka kita harus membuat codec. Sayangnya untuk membuat codec tersebut, kita harus paham digital signal processing, paham bahasa c++, belajar dikit format-format codec yang sudah ada, antara lain mp3, flac, dll. Dan di luar sana, sudah banyak aplikasi pemutar musik yang tersedia yang menggunakan codec-codec yang sudah umum di pasaran. JavaFX kemudian hanya merangkai codec-codec tersebut ke dalam library pemutar media buatan mereka. Jadi yang saya lakukan bisa dibilang hanya sebatas memanggil library tersebut atau sekedar "building a car" bukan me-"reinventing the wheel".

Pada program kali ini, saya hanya menunjukkan beberapa teknik baku dalam implementasi element UI, misalnya bagaimana drag n drop file ke listview. Atau bagaimana memodifikasi item-item yang terdapat pada listview.

Perhatikan video berikut:



Source code:
https://github.com/gunungloli666/3dEqualizer

Sekedar referensi:
https://en.wikipedia.org/wiki/Audio_coding_format
https://en.wikipedia.org/wiki/Codec

No comments: