Friday, August 15, 2014

Mencari data terduplikasi dengan menggunakan Java HashMap

Dalam tutorial kali ini, saya mencoba mendemonstrasikan kegunaan hashmap di java, yakni dalam mencari tahu apakah suatu data terduplikasi. Contohnya adalah biasa dalam sebuah database berbasis SQL ada perintah distinct yang mana secara kasar bisa dikatakan bahwa perintah ini menggunakan hashmap dalam implementasinya.

Saya berikan contoh, adalah bagaimana mencari dalam suatu file pada baris ke berapa saja kolom ke-x mengalami duplikasi. Sebenarnya ini perluasan dari pertanyaan fundamental yakni, apakah suatu data memiliki jumlah lebih dari satu dalam suatu kumpulan data. Kemudian saya melakukan perluasan dengan memberikan jawaban mengenai di baris mana saja data tersebut mengalami duplikasi. Potongan kodenya dapat dilihat pada script berikut:

Untuk mendemonstrasikan apakah script ini berjalan dengan baik, ada baiknya pembaca membuat sendiri test-case nya. Buat aja beberapa baris yang data pada kolom-kolomnya itu beda, kecuali pada beberapa kolom yang dibuat sama. Kemudian selanjutnya pembaca jalankan aja script ini untuk mengetesnya.

No comments: